Headlines News :
Home » » Ford Perkenalkan Simulator Kehamilan Empathy Belly

Ford Perkenalkan Simulator Kehamilan Empathy Belly

Written By Ridwan Mujib on Thursday, September 5, 2013 | 23:41



Dalam merancang dan mendesain serta memproduksi mobil, rupanya Ford juga memikirkan faktor yang mungkin tidak banyak menjadi pertimbangan produsen mobil lain. Salah satunya adalah kenyamanan bagi ibu hamil.

Hal itu terungkap dalam acara Ford Empathy Belly yang digelar di Restoran Penang Bistro, Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Menurut Data Biro Pusat Statistik Indonesia, angka kelahiran sejak tahun 2000 sudah mencapai 4,5 juta bayi per tahun. Hal itu menjadi pertimbangan para teknisi dan desainer Ford dalam membuat kendaraan yang tidak hanya aman tetapi juga nyaman bagi ibu hamil.

Agar para teknisi dan perancang kendaraan (yang umumnya kaum pria) memahami kendala mengemudi bagi ibu hamil, mereka menciptakan perangkat simulator 'Empathy Belly' berupa rompi yang memiliki bobot pada bagian perut sehingga memberikan beban yang menyerupai kondisi perempuan saat hamil.

Empathy Belly memiliki kantung air bervolume 2 liter sebagai tiruan air ketuban, kantung pemberat berbobot 3 kg yang meniru kondisi kepala bayi yang menekan kandung kemih, serta dua bola timah yang menirukan gerakan bayi saat menendang ringan.

Selain itu masih ada sabuk penekan di bagian perut untuk menyajikan 'sensasi' sesak napas yang biasa dirasakan para ibu hamil.

Pakaian simulator kehamilan itu dikenakan oleh teknisi dan perancang kendaraan di Ford kemudian mereka mengendarai mobil untuk merasakan langsung 'penderitaan' ibu hamil saat mengemudi mobil.

Dari situ para teknisi dan desainer mengubah desain kendaraan agar bisa memberikan keamanan, kenyamanan kepada para ibu hamil ketika mengemudikan kendaraan.

Psikolog dari Personal Growth, Nesi Purnomo mengatakan bahwa akibat pengaruh hormonal, ibu hamil menjadi sangat sensitif. Padahal kondisi psikis ibu sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

Biasanya para ibu hamil terlalu mencurahkan perhatiannya kepada si jabang bayi dalam perutnya. Mereka bahkan tidak mempedulikan diri sendiri. Namun terkadang mereka merasa menanggung beban sendirian. Dalam kondisi seperti itu, "Mereka hanya butuh dipahami," ujarnya.

Dengan latar belakang itu pula Ford mencoba memahami masalah-masalah yang biasa menjadi kendala beraktivitas ibu hamil dan berupaya membuat seluruh mobil yang diproduksinya aman dan nyaman ketika digunakan oleh mereka.

Direktur Komunikasi PT Ford Motor Indonesia Lea Kartika Indra mengambil All-new Ford Focus sebagai contoh. "Mulai dari ketinggian atapnya, posisi dan desain joknya, hingga posisi setir seluruhnya dirancang untuk memudahkan keluar masuk ibu hamil."

Nesi Purnomo mengatakan, "Bagi ibu hamil kalau naik mobil, yang dibutuhkan adalah sebuah jaminan, dia dan anak yang dikandungnya merasa nyaman dan aman, perjalanan lancar, kami (ibu dan bayi) bahagia berdua."

Tuntutan itu dijawab oleh All-new ford Focus dengan fitur unggulan yaitu Active City Stop yang mampu mengurangi resiko menabrak kendaraan di depannya karena kendaraan ini mampu melakukan pengereman secara otomatis.

Fitur unggulan lainnya yang sangat membantu kaum hawa adalah Active Park Assist. Fitur ini mampu menginformasikan lahan parkir yang bisa diakses, kemudian mengarahkan mobil secara otomatis tanpa pengemudi perlu memegang setir. (metrotvnews)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU SUPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger